Menparekraf Sandiaga Uno aja Suka! Ini Dia Produk Kopi Asli Kabupaten Ciamis

- 16 November 2023, 17:00 WIB
Ini Dia Produk Kopi Asli Ciamis
Ini Dia Produk Kopi Asli Ciamis /

PR CIAMIS - Kopi saat ini menjadi salah satu minuman yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Kopi juga menjadi salah satu komoditas perkebunan unggulan di Indonesia termasuk Kabupaten Ciamis. Meskipun kopi Ciamis belum tersohor seperti Kopi lainnya asal Jawa Barat. Namun, saat ini produksi dn pemasaran kopi melalui UMKM terus dikembangkan.

Perkebunan kopi di Ciamis didominasi oleh jenis kopi robusta, karena sebagian besar wilayah Ciamis berada di dataran rendah. Menurut data BPS Jawa Barat, Ciamis pada tahun 2021 memproduksi sekitar 964 ton kopi. Perkebunan kopi banyak tersebar dibeberapa wilayah utara Ciamis seperti Panawangan, Rajadesa, Cipaku, Rancah dan di kaki Gunung Syawal.

Berikut empat produk kopi hasil dari perkebunan di Ciamis yang telah berkembang dijual di pasaran.

Baca Juga: Bertemu Presiden AS Joe Biden, Presiden Jokowi Ajak Hentikan Konflik Israel dan Palestina di Gaza

1. Kopi Ki Oyo

Kopi Ki Oyo asal Rancah ini telah menjadi salah satu produk unggulan UMKM Ciamis. Selain di jual diberbagai marketplace, coffee shop dan toko oleh-oleh, Kopi Ki Oyo juga memiliki kedai sendiri yang berbeda di Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Ciamis.

Produk Kopi Ki Oyo memiliki 2 jenis yaitu robusta dan arabika. Untuk 100gr kopi jenis robusta dibanderol seharga Rp20.000, 100gr jenis arabika seharga Rp35.000, sedangkan house bland atau campuran keduanya seharga Rp55.000

2. Kopi Panawangan

Produksi kopi Panawangan berada di desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan, Ciamis. Jenis kopi yang dihasilkan adalah robusta. Menurut warga setempat, kopi Panawangan sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Halaman:

Editor: Handri

Sumber: DPKP CIamis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah