Nilai Tukar Rupiah Melemah ke Angka Rp15.000. Simak Tanggaapan Ekonom dan Penjelasannya!

- 7 Juli 2022, 22:32 WIB
Ilustrasi - Nilai tukar rupiah melemah.
Ilustrasi - Nilai tukar rupiah melemah. /ANTARA/Puspa Perwitasari

SUDUT CIAMIS - Nilai tukar rupiah antar bank pada Rabu, 6 Juli 2022 terjadi pelemahan, bahkan sampai menembus angka Rp15.000 per dolar Amerika Serikat (AS).

Hal ini menunjukan penurunan dibandingkan dengan harga pada saaat penutupan perdagangan yang masih berada di posisi Rp14.994,00 per dolar AS.

Namun nilai tukar rupiah pada pembukaan pasar selanjutnya melemah tujuh poin atau 0,05 persen dari pada saat penutupan, dengan posisi diangka RP15.000.

Ekonom Senior Mirae Asset Sekuritas, Rully Arya mengatakan, rupiah mengalami pelemahan karena adanya tekanan global.

Baca Juga: Natalie Holscher Gugat Cerai Sule, Ini Profil Lengkap Natalie yang Mandiri Sejak Muda!

"Pelemahan rupiah karena flight t safe haven assets (pergerakan ke aset aman), terutama dolar dan obligasi AS," kata Rully dikutip SeputarTangsel.Com dari Antara, Rabu 6 Juli 2022.

Namun mantan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman RI yang juga ekonom senior, Rizal Ramli mempertanyakan nilai tukar rupiah yang dia nilai nyungsep.

"Lho kok Rupiah mulai nyungsep?" tanya Rizal Rami sebagaimana dikutip SeputarTangsel.Com dari akun Twitter @RamliRizal, Rabu 6 JUli 2022.

Menurutnya, tekanan global dan pengetatan moneter bukan satu-satunya penyebab rupiah melemah hingga tembus 15 ribu per dolar AS.

Halaman:

Editor: Aan Diana

Sumber: seputartangsel.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah