Semarakkan Hari Jadi ke-382 Ciamis, Galuh Ethnic Carnival 2024 Kembali Hadir!

- 11 Juni 2024, 18:52 WIB
Kesenian Bebegig dari Kecamatan Sukamantri tampil di Galuh Ethnic Carnival 2024
Kesenian Bebegig dari Kecamatan Sukamantri tampil di Galuh Ethnic Carnival 2024 /Diskominfo Ciamis

PR CIAMIS - Dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-382 Kabupaten Ciamis, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis kembali menyelenggarakan Galuh Ethnic Carnival (GEC) 2024. Karnaval budaya ini menjadi salah satu acara puncak peringatan Hari Jadi Ciamis yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat.

Diadakan pada hari Selasa, 11 Juni 2024, GEC 2024 dimeriahkan oleh 18 kesenian helaran dari Kabupaten Ciamis dan 4 kesenian helaran dari luar daerah. Berbagai atraksi budaya yang unik dan menarik ditampilkan, seperti Wayang Landung Panjalu, Pontrang Cimaragas, Mengmleng Winduraja, Mabokuy Rajadesa, Bebegig Sukamantri, Barongan Purwadadi, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dari Ciamis, GEC 2024 juga menghadirkan penampilan dari daerah lain, seperti Raja Dogar Kabupaten Garut, Sanggar DNR Dogig Kajene Kabupaten Kuningan, Wayang Geugeus Kota Banjar, serta penampilan dari Marching Band Gita Satya Bahari dan Liong Akademi Maritim Suaka Bahari Cirebon.

Baca Juga: Tips Perawatan Rumah: Panduan Membersihkan Kompor Gas, Menghilangkan Sisa Makanan dan Kotoran

Karnaval budaya ini dimulai dari depan Kantor Disbudpora Ciamis, kemudian menuju Pasar Manis Ciamis, melintasi Stadion Galuh Ciamis, Jalan HOS Cokroaminoto, dan berakhir di Pendopo Ciamis. Ribuan masyarakat antusias menyaksikan kemeriahan GEC 2024, menikmati pertunjukan budaya yang penuh warna dan semarak.

Lebih dari sekadar hiburan, GEC 2024 merupakan upaya melestarikan kesenian tradisional dan memperkenalkan kekayaan budaya Kabupaten Ciamis kepada masyarakat luas. Acara ini juga menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam dan patut untuk dilestarikan.

Galuh Tangguh, Ciamis Unggul menjadi tema Hari Jadi Kabupaten Ciamis 2024, yang mencerminkan semangat masyarakat Ciamis untuk terus maju dan berkembang dengan tetap menjaga nilai-nilai budaya luhur. GEC 2024 diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Ciamis, serta meningkatkan promosi wisata budaya di daerah ini.***

Editor: Dewi Yosviani

Sumber: Liputan lapangan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah